BLOG TENTANG STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SOP SATPAM SECURITY

CARA MENGAMBIL KEPUTUSAN SECURITY ILMU SATPAM KEAMANAN

CARA MENGAMBIL KEPUTUSAN SECURITY ILMU SATPAM KEAMANAN

Pengambilan keputusan adalah proses membuat pilihan dengan menentukan tujuan, mengumpulkan informasi, dan menilai keputusan alternatif. Cara mengambil keputusan tersebut adalah :
Mengidentifikasi keputusan yang akan diambil
Anda meyadari ada keputusan yang harus diambil. Kemudian Anda melewati proses internal untuk mendefinisikan keputusan yang harus diambil. Langkah ini adalah langkah yang sangat krusial.

Mengumpulkan informasi yang relevan
Sebagian keputusan membutuhkan proses pengumpulan informasi yang berhubungan. Trik pada tahap ini adalah Anda harus mengetahui informasi yang dibutuhkan, sumber terbaik dari informasi tersebut, dan bagaimana mendapatkan informasi itu. Beberapa informasi terkadang hanya didapat di dalam diri sendiri melalui proses penilaian pribadi sementara informasi lain harus didapat dari luar diri misalnya melalui buku, melalui orang lain, dan macam-macam sumber lain. Langkah ini melibatkan ‘pekerjaan’ internal sekaligus juga eksternal.

Mengidentifikasi alternatif
Melalui proses mengumpulkan informasi tadi Anda mungkin akan mengidentifikasi beberapa kemungkinan jalan lain atau alternatif. Anda dapat juga menggunakan imajinasi Anda serta informasi untuk membangun alternatif baru. Pada langkah pengambilan keputusan yang ini Anda akan membuat daftar semua alternatif yang memungkinkan dan Anda inginkan.

Menimbang beberapa petunjuk
Di langkah ini, Anda akan menarik informasi dan emosi Anda untuk membayangkan bagaimana jadinya jika Anda mengambil keputusan alternatid pada akhirnya. Anda harus mengevaluasi apakah kebutuhan yang diidentifikasi di langkah 1 akan terbantu atau terselesaikan melalui setiap keputusan alternatif. Dengan melalui proses internal yang sulit ini, Anda mulai merasakan alternatif mana yang lebih Anda inginkan yang berarti alternatif itu akan memiliki potensi tinggi untuk meraih tujuan Anda. Akhirnya Anda akan mampu menempatkan alternatif tersebut sesuai prioritasnya, berdasarkan sistem nilai Anda sendiri.

Memilih di antara beberapa alternatif

Begitu Anda telah menimbang semua petunjuk, Anda siap untuk memilih alternatif yang tampak sesuai untuk Anda. Anda bahkan dapat memilih kombinasi dari altenatif-alternatif. Pilihan Anda di langkah 5 akan sama atau mirip dengan alternatif yang Anda tempatkan sebagai prioritas nomor 1 pada daftar yang Anda buat di langkah 4.

Mengambil tindakan
Anda sekarang dapat melakukan tindakan positif yang dapat memulai terwujudnya alternatif yang Anda pilih di langkah 5.

Meninjau kembali keputusan dan konsekuensinya
Di langkah terakhir ini Anda mengalami hasil dari keputusan Anda dan mengevaluasi apakah kebutuhan yang Anda identifikasi pada langkah 1 terpenuhi atau tidak. Jika terpenuhi, Anda dapat bertahan dengan keputusan ini selama jangka waktu tertentu. Namun jika tidak, Anda dapat mengulangi langkah tertentu untuk mengambil keputusan baru. Anda juga dapat, misalnya, mengumpulkan informasi yang lebih detil atau berbeda atau menemukan alternatif tambahan untuk mendasari keputusan.




 
                                                                                      
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

No comments:

Post a Comment

ANIMASI SATPAM SECURITY

MEREKA ADALAH RAJA

HALAMAN