- Pelayanan prima terhadap setiap orang yang kepentingan (Smile Service : melayani dengan senyuman, Promp Service : melayani dengan segera, Levely service : melayani dengan semangat), (3S 2M).
- Memberi salam/ penghormatan kepada karyawan, Tamu serta para Pengunjung : Selamat Pagi/Siang/ Malam, Selamat Datang di....
- Pada saat kendaraan masuk, anggota security menghentikan kendaraan, setelah berhenti untuk lebih aman di taruh cone di depan mobil
- Pada saat kendaraan masuk, anggota security menghentikan kendaraan, setelah berhenti untuk lebih aman di taruh cone di depan mobil.
- Petugas security melakukan penghormatan atau memberikan salam, sapa dan senyum, sampaikan bahwa ada pemeriksaan kendaraan.
- Sampaikan kepada pengemudi agar membuka pintu dan bagasi kendaraan.
- Setelah pintu terbuka lakukan pengecekan di dalam kendaraan dengan menggunakan cara manual.
- Jika menggunakan kaca cembung lakukan pemeriksaan dari samping kanan kendaraan memutar kekiri sampai ketempat semula dengan seksama.
- Cek bagian kendaraan mulai dari ruang dalam (ruang bawah tempat duduk, penebalan dash board, lantai bawah karpet (cek bau menyengat), ruang bagasi lihat barang terkesan berat, ruang ban, penebalan bagasi, bagian bawah mobil (rangkaian kabel baru, tanda lampu berkedip, penempelan alat perekat, dll) terkadang pemeriksaan disesuaikan dengan permintaan dari user tergantung dari faktor kenyamanan itu sendiri
- Bila diketahui ada benda-benda yang dicurigai/ mencurigakan sebagai bahan peledak/ Bom didalam mobil tindakan yang harus dilakukan : Pengemudi/ penumpang di arahkan ke Posko security, Mobil ditempatkan/ didorong ketempat yang aman dan diberi tanda, Laporkan kepada pimpinan.
- Untuk kendaraan box petugas menanyakan barang yang dibawa dan meminta supir/ kenek agar membuka bagasi bagian belakang.
- Setelah selesai melakukan pemeriksaan, persilakan kendaraan berjalan dan ucapkan terima kasih.
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR
Terima kasih sangat bermanfaat
ReplyDelete