BLOG TENTANG STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SOP SATPAM SECURITY

KEUNTUNGAN BERSIKAP TENANG MENGHADAPI MASALAH SECURITY SATPAM KEAMANAN

Keuntungan Bersikap Tenang
Terkadang, sulit memang mengendalikan diri agar tenang dan santai. Orang yang bersikap tenang dan santai akan mendapatkan banyak manfaat dari ketenangannya tersebut. Manfaat dari bersikap tenang adalah:
TUGAS POKOK SATPAM
  1. Bisa lebih berkonsentrasi pada apa yang sedang dikerjakan.
  2. Lebih mudah mengambil keputusan, karena ketenangan adalah cara mengambil keputusan yang tepat.
  3. Daya ingat yang dimiliki akan lebih tajam.
  4. Bersikap tenang akan terlihat lebih dewasa.
  5. Memiliki pikiran yang jernih dan terarah.
  6. Tidak mudah panik.
  7. Suasana akan menjadi lebih kondusif dengan ketenangan kita.
  8. Mencegah sikap ceroboh dalam cara membuat keputusan.
  9. Sikap tenang memiliki efek baik untuk kesehatan tubuh
  10. Menunjukkan sikap yang tenang dan terkendali
  11. Menjadi seseorang yang bersikap tenang bukannya tidak mungkin dipelajari dan diusahakan. Ada beberapa hal yang harus dilalui agar kita bisa membentuk sikap tenang dalam segala kondisi, yaitu :
Hentikan sejenak kegiatan Anda
Ketika menghadapi sesuatu hal yang membuat ketenangan kita terusik, segera hentikan sebentar kegiatan apapun yang sedang kita lakukan. Melanjutkan kegiatan tanpa fokus dapat mengakibatkan hasil yang buruk pada kegiatan yang sedang dilakukan. Cara meredam emosi adalah jangan memaksa tetap berkegiatan, ambillah waktu sedikit untuk mencerna situasi dan menenangkan diri.

Ambil napas dalam – dalam
Cara tercepat untuk menenangkan emosi adalah dengan menarik napas yang dalam. Lakukan ini selama berkali – kali sampai kita merasa pikiran sudah lebih tenang dan bahasa tubuh kita juga sudah bisa dikendalikan. Bila belum tenang, terus lakukan sampai irama napas kita lebih teratur. Mengambil napas merupakan cara menenangkan hati dan pikiran bila ada masalah yang terjadi.

Pejamkan mata dan berhitung
Sambil mengatur napas, pejamkan mata kita. Jika perlu putarlah musik lembut yang bisa membuat kita rileks dan santai. Pejamkan mata sambil bayangkan semua hal indah yang pernah kita alami dan bagaimana cara membahagiakan diri sendiri. Mulailah menghitung dalam hati untuk meredakan emosi kita. Berhitunglah sampai merasa lebih tenang.

Lemaskan Tubuh
Sulit bersikap tenang apabila sikap tubuh kita justru menunjukkan ketegangan. Lemaskan sikap tubuh dengan melakukan gerakan – gerakan ringan. Mulailah dari bahu, gerakkan perlahan bahu dengan gerakan memutar ke depan dan belakang. Teruskan gerakan sampai kita sudah merasa tubuh menjadi agak rileks dan tidak tegang. Pikiran kita pun akan lebih santai jika tubuh sudah santai, dan kita akan mampu memikirkan cara menyelesaikan masalah. Misalnya jika kita ingin mencari cara menyelesaikan masalah keluarga atau cara mendamaikan keluarga yang bertengkar, maka kita harus membuat tubuh rileks juga.

Berjalan kaki
Carilah tempat lain untuk melepaskan penat barang sejenak. Jika situasi memungkinkan, pergilah jalan – jalan ke luar untuk mengambil napas dan menenangkan pikiran. Menggerakkan tubuh sejenak dapat membantu mengusir sedikit pikiran yang membuat penat dan stres, hingga memungkinkan kita untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan sikap kembali. Berjalan – jalan akan menjadi cara menghilangkan kejenuhan dan membantu menaikkan mood kembali.

Alihkan pikiran
Jika sudah bisa menata pikiran, kembalilah pada apa yang sedang dikerjakan sebelumnya. Kesampingkan dulu masalah apapun yang mengganggu pikiran kita, selesaikan terlebih dulu hal yang lebih penting. Setelah pekerjaan sebelumnya selesai, baru kita bisa mulai memikirkan tentang masalah yang menganggu tersebut. Beralih kepada kegiatan lain juga bisa menjadi tips menghilangkan rasa bosan.


                                                                                      
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

No comments:

Post a Comment

ANIMASI SATPAM SECURITY

MEREKA ADALAH RAJA

HALAMAN