STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR | Jawa barat
Menangani Keluhan (Komplin) : Atasi dan laporkan keluhan sesegera mungkin.
- Meminta maaf kepada tamu atas ketidak nyamanan tsb.
- Tanyakan kepada tamu apa yang dikehendaki atau yang menjadi komplenannya.
- Mendengarkan komplain tanpa memotong pembicaraan.
- Tunjukan rasa empati, perhatian dan keinginan untuk membantu.
- Nyatakan bahwa semua keluhan atau masalahnnya akan segera ditangani:
- Mengatakan apa yang hendak dilakukan untuk menangani masalah
- Menyarankan alternatif pemecahannya
- Selesaikan sekarang (bila mungkin), jika tidak tentukan waktu penyelesaiannya.
- Catat keluhan tamu tsb dalam Buku Guest Complain Log Book.
- Segera informasikan masalah ini kepada pihak terkait (atasan) untuk memperoleh tindakan dan petunjuk selanjutnya.
No comments:
Post a Comment