BLOG TENTANG STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR SOP SATPAM SECURITY

SOP SATPAM MALL ITC RITEL, SOP SECURITY MALL ITC RITEL

BUKU SAKU SOP SATPAM MALL ITC RITEL, SOP SECURITY MALL ITC RITEL

JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
LALU LINTAS (Depan Gedung)
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta menciptakan kelancaran dan ketertiban   lalu lintas.
PELAKSANA
Anggota PKD
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PKD lengkap.
  2. Handy Talky
  3. Hands Stop
  4. Lampu Lalin
SATPAM MALL, SATPAM ITC, SATPAM RETAIL

Objek/Situasi dan Ancaman :         
Objek/Situasi.
  1. Jalan raya ....... padat arus lalu lintas.
  2. Penyeberangan pejalan kaki dari atau ke Mall/ ITC/ Ritel.        
  3. Parkir becak.
  4. Terminal sementara angkutan kota.
  5. Rambu larangan STOP kendaraan.
  6. Pos Polisi sekitar.
Ancaman.
  1. Kemacetan lalu lintas.
  2. Kecelakaan lalu lintas terhadap penyeberang jalan.
  3. Angkutan yang menunggu penumpang.
  4. Becak parkir sembarangan tempat.
  5. Kendaraan yang melawan arus.   
Pelaksanaan
  1. Mengarahkan kendaraan (mobil, motor) yang masuk ke area Mall/ ITC/ Ritel melalui pintu masuk yang sudah ditentukan.
  2. Menertibkan kendaraan (mobil, motor, angkot, becak) yang berhenti dan parkir di sembarang tempat.
  3. Melarang pedagang kaki lima dan pedagang asongan berjualan di sepanjang jalan depan gedung Mall/ ITC/ Ritel.
  4. Memberhentikan kendaraan dengan menggunakan hands stop pada siang hari dan lampu lalin pada malam hari untuk membantu penyeberang jalan.
  5. Menertibkan tukang becak yang bergerombol di pintu masuk maupun pintu keluar supaya tidak mengganggu arus lalu lintas.
  6. Mengarahkan pengguna  kendaraaan umum untuk menunggu di tempat yang sudah di tentukan.
Larangan
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
BOOM CHECK
TUJUAN

Anggota Security memahami tugas dan tanggun jawabnya serta mendeteksi barang mencurigakan.
PELAKSANA
Anggota Regu dan PKD
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. Anggota Security berpakaian dinas PKD lengkap.
  3. Handy Talky
  4. Metal Detector
  5. Inspection Mirror
  6. Senter
Objek/Situasi dan Ancaman :
Objek/Situasi.
Kendaraan yang masuk Mall/ ITC/ Ritel.

Ancaman.
  1. Bom dan bahan peledak.
  2. Barang – barang terlarang.
Pelaksanaan
Mobil Pribadi :
  1. Memberikan hormat
  2. Meminta izin untuk memeriksa kendaraan
  3. Membuka pintu dan bagasi kendaaraan dilanjutkan pemeriksaan bagian dalam dengan menggunakan metal detector dan bagian bawah kendaraan dengan menggunakan inspection mirror.
  4. Apabila menemukan barang yang mencurigakan (Senjata api, bahan peledak, bom, narkoba, dan lain – lain) segera melaporkan ke pimpinan dan diteruskan ke pihak berwajib.
  5. Menutup pintu dan bagasi kendaraan dengan pelan.
  6. Mempersilahkan pengemudi jalan dan mengucapkan terima kasih sebagai bentuk kerjasamanya.
Mobil Box
  1. Memberikan hormat
  2. Meminta pengemudi turun untuk membuka pintu kendaraan.
  3. Meminta izin untuk memeriksa kendaraan dan barang bawaan.
  4. Melakukan pemeriksaan bagian dalam dengan menggunakan metal detector dan bagian bawah kendaraan dengan menggunakan inspection mirror.
  5. Apabila menemukan barang yang mencurigakan (Senjata api, bahan peledak, bom, narkoba, dan lain – lain) segera melaporkan ke pimpinan dan diteruskan ke pihak berwajib.
  6. Mempersilahkan pengemudi menutup pintu kendaraan.
  7. Mempersilahkan pengemudi jalan dan mengucapkan terima kasih sebagai bentuk kerjasamanya.
Larangan
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain

JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
LOBBY UTAMA
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggung jawabnya serta menertibkan lalu lintas, pengunjung dan meneruskan berita ke petugas informasi.
PELAKSANA
Anggota Regu dan PKD
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. Anggota Security berpakaian dinas PKD lengkap.
  3. Handy Talky
Objek/Situasi dan Ancaman :         
Objek/Situasi.
  1. Aktivitas pengunjung.
  2. Arus lalu lintas
  3. Kendaraan Taxi
Ancaman.
  1. Kepadatan pengunjung
  2. Kendaraan yang menunggu dan parkir.
  3. Taxi yang berebut penumpang.                 
Pelaksanaan
  1. Mengarahkan pengunjung yang masuk dan keluar melalui lobby utama.
  2. Melarang kendaraan berhenti dan parkir di area lobby utama kecuali menurunkan dan menaikkan penumpang.
  3. Membantu pengaturan Taxi yang menurunkan dan menaikkan penumpang.
  4. Melarang orang yang duduk di tangga lobby utama.
  5. Menyampaikan berita kepada petugas informasi yang diterima dari lapangan.

Larangan
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
PARKIRAN LUAR (BERINGIN)
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggung jawabnya serta melarang kendaraan roda 2 (dua) dan kendaraan yang melebihi batas ketinggian.
PELAKSANA
Anggota Regu dan PKD
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. Handy Talky
Objek/Situasi dan Ancaman :         
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Barang bawaan yang ditinggal di kendaraan.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. Kecelakaan lalu lintas terhadap penyeberang jalan.
  3. Kehilangan barang bawaan yang ditinggal di kendaraan.
  4. Kehilangan dan pengerusakan kendaraan.                       
Pelaksanaan
  1. Menertibkan kendaraan yang parkir di sembarang tempat.
  2. Mengawasi kendaraan yang berada di dalam area parkir.
  3. Mengarahkan pengunjung yang keluar masuk area parkir.
  4. Mencatat dan memeriksa barang yang di tinggal di kendaraan.
  5. Membantu parking dalam menyelesaikan masalah.
Larangan
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
RAM SELATAN
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggung jawabnya serta  melakukan pengawasan  kendaraan yang naik dan menertibkan kendaraan yang parkir di depan loading dock
PELAKSANA
Anggota Regu dan PKD
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. Anggota Security berpakaian dinas PKD lengkap.
  3. Handy Talky
  4. Lampu Lalin
Objek/Situasi dan Ancaman :
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Barang bawaan yang ditinggal di kendaraan.
  4. Rambu batas ketinggian.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. Sepeda motor naik di RAM selatan.
  3. Kendaraan yang melebihi batas ketinggian.
  4. Kehilangan dan pengerusakan kendaraan.
Pelaksanaan
  1. Melarang sepeda motor naik ke parkiran atas kecuali yang diberikan izin oleh pengelola.
  2. Melarang kendaran yang melebihi batas ketinggian naik ke parkiran atas.
  3. Mengarahkan pengunjung yang keluar masuk melalui pintu selatan lantai ground.
  4. Melarang kendaraan yang parkir di sembarang tempat.
  5. Mengatur dan mengawasi kendaraan yang melakukan bongkar muat barang di depan loading dock.
Larangan
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
PARKIRAN MOBIL DEPAN KANTOR PENGELOLA
TUJUAN


Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta menertibkan dan mengawasi kendaraan karyawan  di depan kantor pengelola.
PELAKSANA
Anggota Regu dan PKD
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PKD lengkap.
  2. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  3. Handy Talky
  4. Lampu Lalin
Objek/Situasi dan Ancaman :         
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Barang bawaan yang ditinggal di kendaraan.
  4. Aktivitas orang
  5. Kantor pengelola
  6. Gardu listrik
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. kendaraan melawan arus.
  3. Sabotase gardu listrik.
  4. Kehilangan dan pengerusakan kendaraan.
  5. Orang yang bergerombol depan Kantor Pengelola.
Pelaksanaan.
  1. Membantu pengaturan parkir di depan kantor pengelola.
  2. Mengawasi kendaraan di area parkir depan kantor pengelola.
  3. Menertibkan kendaraan yang berhenti atau parkir sembarang tempat.
  4. Melarang sepeda motor yang berlawan arah,
  5. Menegur kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.
  6. Mengarahkan orang yang tidak berkepentingan untuk tidak bergerombol di depan kantor pengelola.
  7. Mengawasi Gardu listrik yang ada di samping kantor pengelola.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
PARKIRAN MOTOR DEPAN KANTOR ME
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggung jawabnya serta menertibkan dan mengawasi kendaraan karyawan di depan ME.
PELAKSANA
Anggota Regu dan PKD
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PKD lengkap.
  2. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap
  3. Handy Talky
Objek/Situasi dan Ancaman :
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Pangkalan taksi.
  4. Tempat sampah.
  5. Kantor M.E.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. kendaraan melawan arus.
  3. Kehilangan kendaraan.
  4. Penyalahgunaan tempat sampah.
Pelaksanaan.
  1. Membantu pengaturan sepeda motor yang parkir didepan kantor ME.
  2. Melarang orang lain parkir di tempat tersebut kecuali karyawan pengelola.
  3. Mencatat dan memeriksa barang yang di tinggal di kendaraan.
  4. Melarang sepeda motor yang berlawan arah.
  5. Menertibkan kendaraan yang parker sembarang tempat.
  6. Menertibkan taxi yang jumlahnya melebihi ketentuan. 
  7. Menegur kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.
  8. Mengawasi kegiatan petugas kebersihan di area tempat pembuangan sampah.
  9. Membantu parking dalam menyelesaikan masalah.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
AREA PARKIR LOWER GROUND
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta menertibkan, mengecek dan mengawasi  kendaraan yang ada di area parkir lower ground.
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan. 
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap
  2. Handy Talky
Objek/Situasi dan Ancaman :         
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Lift barang.
  4. Musholla.
  5. Inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
  6. Ruang genset.
  7. Fasilitas umum.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. Kehilangan barang bawaan yang ditinggalkan di kendaraan.
  3. Pencurian dan pengerusakan kendaraan.
  4. Orang-orang yang berkeliaran di area parkir.
  5. Sabotase ruang genset.
  6. Penyalahgunaan mushola.
  7. Penyalahgunaan lift barang.
  8. Pengerusakan fasilitas umum.
Pelaksanaan.
  1. Menertibkan kendaraan yang parkir di sembarang tempat.
  2. Mengecek dan mencatat kondisi kendaraan yang parkir di area lower ground.
  3. Mengawasi kendaraan yang parkir di area lower ground.
  4. Menegur kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.
  5. Menegur orang untuk tidak berkeliaran di area parkir.
  6. Menegur orang yang tidur di mushola.
  7. Membantu kelancaran lalu lintas di area parkir  lower ground.
  8. Membantu pengemudi yang mengalami kesulitan dalam memarkir kendaraannya namun tidak  terkesan sebagai tukang parkir.
  9. Mengecek dan mencatat inventaris yang ada di area parkir lower ground.
  10. Memantau orang yang keluar masuk lift barang
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
AREA PARKIR UPPER GROUND
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta menertibkan, mengecek dan mengawasi  kendaraan yang ada di area parkir upper ground
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap
  2. Handy Talky
Objek/Situasi dan Ancaman :
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
  4. Fasilitas umum.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. Kehilangan barang bawaan yang ditinggalkan di kendaraan.
  3. Pencurian dan pengerusakan kendaraan.
  4. Orang-orang yang berkeliaran di area parkir.
  5. Pencurian dan pengerusakan inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
Pelaksanaan.
  1. Menertibkan kendaraan yang parkir di sembarang tempat.
  2. Mengecek dan mencatat kondisi kendaraan yang parkir di area upper ground.
  3. Mengawasi kendaraan yang parkir di area upper ground.
  4. Menegur kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.
  5. Menegur orang untuk tidak berkeliaran di area parkir.
  6. Membantu kelancaran lalu lintas di area parkir upper ground.
  7. Membantu pengemudi yang mengalami kesulitan dalam memarkir kendaraannya namun tidak  terkesan sebagai tukang parkir.
  8. Mengecek dan mencatat inventaris yang ada di area parkir upper ground
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
AREA PARKIR LANTAI 1 (SATU)
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungJawabnya serta menertibkan, mengecek dan mengawasi  kendaraan yang ada di area parkir lantai 1 (satu)
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap
  2. Handy Talky
Objek/Situasi dan Ancaman :         
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
  4. Lift barang.
  5. Loading Carrefour.
  6. Tempat sampah Carrefour.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. Kehilangan barang bawaan yang ditinggalkan di kendaraan.
  3. Pencurian dan pengerusakan kendaraan.
  4. Orang-orang yang berkeliaran di area parkir.
  5. Pencurian dan pengerusakan inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
  6. Penyalahgunaan tempat sampah.
  7. Penyalahgunaan lift barang.
Pelaksanaan.
  1. Menertibkan kendaraan yang parkir di sembarang tempat.
  2. Mengecek dan mencatat kondisi kendaraan yang parkir di area lantai 1 (satu).
  3. Mengawasi kendaraan yang parkir di area lantai 1 (satu).
  4. Menegur kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.
  5. Menegur orang untuk tidak berkeliaran di area parkir.
  6. Membantu kelancaran lalu lintas di area parkir  lantai 1 (satu)..
  7. Membantu pengemudi yang mengalami kesulitan dalam memarkir kendaraannya namun tidak  terkesan sebagai tukang parkir.
  8. Mengecek dan mencatat inventaris yang ada di area parkir lantai 1 (satu).
  9. Memantau orang yang keluar masuk lift barang.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
AREA PARKIR LANTAI 1 (SATU) A
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungJawabnya serta menertibkan, mengecek dan mengawasi  kendaraan yang ada di area parkir lantai 1 (satu) A
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap
  2. Handy Talky
Objek/Situasi dan Ancaman.          
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. Kehilangan barang bawaan yang ditinggalkan di kendaraan.
  3. Pencurian dan pengerusakan kendaraan.
  4. Orang-orang yang berkeliaran di area parkir.
Pelaksanaan.
  1. Menertibkan kendaraan yang parkir di sembarang tempat.
  2. Mengecek dan mencatat kondisi kendaraan yang parkir di area lantai 1 (satu) A.
  3. Mengawasi kendaraan yang parkir di area lantai 1 (satu) A.
  4. Menegur kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.
  5. Menegur orang untuk tidak berkeliaran di area parkir.
  6. Membantu kelancaran lalu lintas di area parkir  lantai 1 (satu) A
  7. Membantu pengemudi yang mengalami kesulitan dalam memarkir kendaraannya namun tidak  terkesan sebagai tukang parkir.
  8. Mengecek dan mencatat inventaris yang ada di area parkir lantai 1 (satu) A.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain.
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
AREA PARKIR LANTAI 2 (DUA)
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungJawabnya serta menertibkan, mengecek dan mengawasi  kendaraan yang ada di area parkir lantai 2 (dua)
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap
  2. Handy Talky
Objek/Situasi dan Ancaman :     
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
  4. Lift barang.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. Kehilangan barang bawaan yang ditinggalkan di kendaraan.
  3. Pencurian dan pengerusakan kendaraan.
  4. Orang-orang yang berkeliaran di area parkir.
  5. Penyalahgunaan lift barang.
  6. Pencurian dan pengerusakan inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
Pelaksanaan.
  1. Menertibkan kendaraan yang parkir di sembarang tempat.
  2. Mengecek dan mencatat kondisi kendaraan yang parkir di area lantai 2 (dua).
  3. Mengawasi kendaraan yang parkir di area lantai 2 (dua) .
  4. Menegur kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.
  5. Menegur orang untuk tidak berkeliaran di area parkir.
  6. Membantu kelancaran lalu lintas di area parkir  lantai 2 (dua) .
  7. Membantu pengemudi yang mengalami kesulitan dalam memarkir kendaraannya namun tidak terkesan sebagai tukang parkir.
  8. Mengecek dan mencatat inventaris yang ada di area parkir lantai 2 (dua).
  9. Memantau orang yang keluar masuk lift barang.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain.
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
AREA PARKIR LANTAI  3 (TIGA)
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta menertibkan, mengecek dan mengawasi  kendaraan yang ada di area parkir lantai 3 (tiga)
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap
  2. Handy Talky
Objek/Situasi dan Ancaman :     
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. Kehilangan barang bawaan yang ditinggalkan di kendaraan.
  3. Pencurian dan pengerusakan kendaraan.
  4. Orang-orang yang berkeliaran di area parkir.
  5. Pencurian dan pengerusakan inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
Pelaksanaan.
  1. Menertibkan kendaraan yang parkir di sembarang tempat.
  2. Mengecek dan mencatat kondisi kendaraan yang parkir di area lantai 3 (tiga) .
  3. Mengawasi kendaraan yang parkir di area lantai 3 (tiga) .
  4. Menegur kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.
  5. Menegur orang untuk tidak berkeliaran di area parkir.
  6. Membantu kelancaran lalu lintas di area parkir  lantai 3 (tiga) ..
  7. Membantu pengemudi yang mengalami kesulitan dalam memarkir kendaraannya namun tidak  terkesan sebagai tukang parkir.
  8. Mengecek dan mencatat inventaris yang ada di area parkir lantai 3 (tiga).
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain.
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
ROOF
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta menertibkan, mengecek dan mengawasi  kendaraan yang ada di area roof juga pengawasan objek vital.
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. Handy Talky.
Objek/Situasi dan Ancaman.          
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Kendaraan parkir.      
  3. Inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
  4. Objek vital.
  5. Aktifitas pekerja.
  6. Convention hall.
Ancaman.
  1. Parkir sembarang tempat.
  2. Kehilangan barang bawaan yang ditinggalkan di kendaraan.
  3. Pencurian dan pengerusakan kendaraan.
  4. Orang-orang yang tidak berkepentingan berkeliaran  di area roof.
  5. Pencurian dan pengerusakan inventaris Mall/ ITC/ Ritel.
  6. Sabotase objek vital.
  7. Penyalahgunaan izin kerja.
Pelaksanaan.
  1. Menertibkan kendaraan yang parkir di sembarang tempat.
  2. Mengecek dan mencatat kondisi kendaraan yang parkir di area roof
  3. Mengawasi kendaraan yang parkir di area roof.
  4. Menegur kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi.
  5. Menegur orang untuk tidak berkeliaran di area roof.
  6. Membantu kelancaran lalu lintas di area  roof
  7. Membantu pengemudi yang mengalami kesulitan dalam memarkir kendaraannya namun tidak terkesan sebagai tukang parkir.
  8. Mengecek dan mencatat inventaris yang ada di area roof.
  9. Memantau orang yang keluar masuk lift.
  10. Mengecek dan mencatat pekerja yang ada di roof.
  11. Melakukan pembukaan dan penguncian pintu kaca sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  12. Melakukan patroli rutin dan pengawasan terus menerus terhadap objek vital di area roof.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain.
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
PINTU MASUK GEDUNG
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta memantau aktivitas pengunjung.
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. Handy Talky.
  3. Metal detector.
Objek/Situasi dan Ancaman :        
Objek/Situasi.
  1. Keluar masuk orang.
  2. Keluar masuk barang.
Ancaman.
  1. Barang-barang terlarang masuk ke dalam gedung Mall/ ITC/ Ritel.
  2. Pelintasan pelaku tindak kejahatan.
Pelaksanaan.
  1. Melakukan pembukaan dan penguncian pintu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  2. Mengucapkan salam kepada pengunjung yang masuk.
  3. Meminta izin untuk memeriksa barang bawaan.
  4. Mempersilahkan untuk membuka barang bawaannya.
  5. Melihat secara langsung barang bawaannya.
  6. Menggunakan metal detector untuk memeriksa barang yang tidak dapat dilihat secara langsung.
  7. Apabila menemukan barang yang mencurigakan (Senjata api, bahan peledak, bom, narkoba, dan lain – lain) segera melaporkan ke pimpinan dan diteruskan ke pihak berwajib.
  8. Mempersilahkan pengunjung masuk dan mengucapkan terima kasih sebagai bentuk kerjasamanya.
  9. Mengingatkan pengunjung yang membawa trolley untuk tidak melewati batas yang ditetentukan.
  10. Mengawasi keluar masuk barang.
  11. Menyeleksi orang yang keluar masuk.
  12. Mengawasi situasi di area sekitarnya.
  13. Melakukan tugas tambahan yang bersifat insidential.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain.
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
LIFT KAPSUL
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta menertibkan  penggunaan  lift kapsul.
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. Handy Talky.
Objek/Situasi dan Ancaman.          
Objek/Situasi.
  1. Aktifitas penguna lift kapsul.
  2. Lift kapsul.
Ancaman.
  1. Tindak kejahatan di dalam lift kapsul.
  2. Penyalahgunaan lift kapsul.
  3. Pengerusakan lift kapsul.
Pelaksanaan.
  1. Mengatur keluar dan masuknya pengguna lift kapsul dengan mendahulukan yang keluar.
  2. Mempersilahkan pengguna lift kapsul untuk masuk.
  3. Memberikan penjelasan apabila lift kapsul melebihi kapasitas.
  4. Mengucapkan salam dan menanyakan lantai tujuan.
  5. Menekan angka lantai tujuan pengguna lift kapsul.
  6. Memperhatikan pengguna lift kapsul yang mencurigakan.
  7. Mengingatkan pengguna lift kapsul apabila telah sampai lantai tujuan.
  8. Melarang trolley, barang ukuran besar dan pengantar makanan dari food court menggunakan lift kapsul.
  9. Melarang merokok di dalam lift kapsul.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain.
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
PATROLI RING LUAR
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta meminimalkan permasalahan yang timbul.
PELAKSANA
Anggota PKD
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PKD lengkap.
  2. Handy Talky.
  3. Sepeda motor.
Objek/Situasi dan Ancaman.          
Objek/Situasi.
  1. Arus lalu lintas.
  2. Parkir kendaraan.
  3. Pagar pembatas.
  4. Aktifitas orang.
  5. Tempat parkir.
  6. Objek vital.
Ancaman.
  1. Kemacetan arus lalu lintas.
  2. Parkir kendaraan yang tidak pada tempatnya.
  3. Pelintasan di pagar pembatas.
  4. Sabotase objek vital.
  5. Tindak kejahatan.
Pelaksanaan.
  1. Mempersiapkan formulir patroli.
  2. Melakukan patroli dengan berjalan kaki dan menggunakan sepeda motor serta memperhatikan hal – hal yang perlu mendapatkan pengamatan khusus.
  3. Mencatatat hal penting yang ditemukan dalam formulir patroli dan segera melaporkan kepada pimpinan.
  4. Membantu anggota jaga di pos penempatan apabila menghadapi kendala.
  5. Menggantikan anggota jaga di pos penempatan yang akan melakukan istirahat.
  6. Dalam berpatroli agar tidak menggunakan route yang tetap dan berhentilah pada tempat – tempat yang tertentu.
  7. Usahakan untuk mengenal segala kebiasaan yang terjadi dalam kawasan kerja khususnya ring luar.
  8. Dalam hal harus mengambil tindakan perhatikan peraturan perundang – undangan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan petunjuk pimpinan.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain.
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
PATROLI RING DALAM
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta meminimalkan permasalahan yang timbul.
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. Handy Talky.
  3. Senter.
Objek/Situasi dan Ancaman :
Objek/Situasi.
  1. Aktifitas orang
  2. Kios dan counter
  3. Asset Mall/ ITC/ Ritel.
Ancaman.
Tindak kejahatan di ring dalam Mall/ ITC/ Ritel

Pelaksanaan
  1. Mempersiapkan formulir patroli.
  2. Melakukan patroli dengan berjalan kaki serta memperhatikan hal – hal yang perlu mendapatkan pengamatan khusus.
  3. Mencatatat hal penting yang ditemukan dalam formulir patroli dan segera melaporkan kepada pimpinan.
  4. Membantu anggota jaga di pos penempatan apabila menghadapi kendala.
  5. Menggantikan anggota jaga di pos penempatan yang akan melakukan istirahat.
  6. Melakukan penertiban pada kios, counter yang menyalahi tata tertib penghunian.
  7. Dalam berpatroli agar tidak menggunakan rute yang tetap dan berhentilah pada tempat – tempat yang tertentu.
  8. Usahakan untuk mengenal segala kebiasaan yang terjadi dalam kawasan kerja khususnya ring dalam.
  9. Melakukan pengecekan tangga darurat, pastikan sesuai dengan fungsinya.
  10. Memastikan pintu gedung, counter, kios dalam keadaan terkunci.
  11. Di luar jam operasional gedung pastikan  tidak ada orang yang berada di dalam gedung kecuali yang sudah mendapatkan izin dari pengelola.
  12. Apabila ada pekerja yang lembur pastikan mematuhi ketentuan yang berlaku.
  13. Dalam hal harus mengambil tindakan perhatikan peraturan perundang – undangan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan petunjuk pimpinan.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain.
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
CCTV
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta memantau kegiatan Mall/ ITC/ Ritel.
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. Handy Talky.
Objek/Situasi dan Ancaman.          
Objek/Situasi.
Obyek Vital.
  1. Perangkat elektronik.
  2. Asset Mall/ ITC/ Ritel
Ancaman.
  1. Sabotase obyek vital
  2. Pengerusakan terhadap perangkat elektronik.
Pelaksanaan
  1. Mengecek dan mencatat inventaris yang ada ruang CCTV
  2. Melakukan pemantauan kegiatan Mall/ ITC/ Ritel.
  3. Memberikan informasi melalui handy talky kepada petugas jaga di pos penempatan apabila menemukan hal yang mencurigakan.
  4. Mencatatat hal penting yang ditemukan dalam formulir CCTV dan segera melaporkan kepada pimpinan.
  5. Menindaklanjuti informasi dari petugas jaga di pos penempatan   yang berkaitan  dengan tugas ME.
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain.
JUDUL
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
LOKASI
POSKO
TUJUAN
Anggota Security memahami tugas dan tanggungjawabnya serta membantu kelancaran tugas operasional.
PELAKSANA
Anggota Regu
NOMOR


Perlengkapan perorangan lapangan.
  1. Anggota Security berpakaian dinas PDH lengkap.
  2. 1Handy Talky.
  3. Alat tulis kantor
Objek/Situasi dan Ancaman.          
Objek/Situasi.
  1. Peralatan inventaris POSKO
  2. Perangkat elektronik.
  3. Asset Mall/ ITC/ Ritel.
  4. Dokumen.
JAncaman.
  1. Sabotase obyek vital
  2. Pengerusakan terhadap perangkat elektronik.
  3. Sabotase dokumen.
Pelaksanaan
  1. Sebelum serah terima, POSKO dalam keadaan bersih dan rapi.
  2. 3Memberikan kesempatan kepada petugas jaga lama agar dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.
  3. Melaksanakan serah terima tugas dengan memperhatikan :
  4. Periksa dan baca dengan teliti buku mutasi, laporan dan buku lainnya yang  ditandatangani oleh petugas jaga lama.
  5. Periksa barang inventaris.
  6. Periksa alat – alat PPPK dan alat – alat pemadam kebakaran.
  7. Periksa apakah ada pengumuman atau instruksi yang harus diperhatikan atau pesan – pesan / tugas yang harus dilanjutkan.
  8. Menyiapkan dan mendistribusikan peralatan serta perlengkapan yang dibutuhkan petugas lapangan.
  9. Menanyakan perkembangan situasi secara rutin melalui handy talky.
  10. Mencatat setiap kejadian dan kegiatan yang ada di Mall/ ITC/ Ritel.
  11. Menindaklanjuti laporan dan informasi ke pihak terkait.
  12. Memberikan tanda pengenal kepada pekerja lembur dan renovasi.
  13. Menerima dan mengirim berita melalui  telepon
Larangan.
  1. Meninggalkan pos penempatan
  2. Meminta dan menerima tip dalam bentuk apapun baik uang maupun barang.
  3. Merokok
  4. Makan
  5. Duduk
  6. Mengobrol
  7. Bercanda
  8. Dan lain – lain
 
                                                                                      
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

No comments:

Post a Comment

ANIMASI SATPAM SECURITY

MEREKA ADALAH RAJA

HALAMAN