BUDAYA PELAYANAN PRIMA SERVCE EXCELLET
MEMBANGUN BUDAYA PELAYANAN PRIMA
PENDAHULUAN
Pelayanan prima pasti melibatkan dua hal, yaitu pelanggan eksternal dan pelanggan internal. Layanan prima adalah nilai inti perusahaan, jadi kepuasan pelanggan adalah yang utama. Layanan Prima.
Layanan Utama pada hakekatnya adalah upaya pemenuhan keinginan atau keinginan manusia, sebagaimana tersebut di atas; baik sebagai pelanggan maupun sebagai penyedia jasa. Dengan demikian, service excellence tidak hanya menjamin kepuasan pelanggan, tetapi juga berusaha untuk memuaskan mereka yang memberikan pelayanan. Klien terdiri dari 2 bagian, klien eksternal dan klien internal.
Etika pelayanan merupakan perilaku dalam memberikan pelayanan yang etis sesuai janji dan komitmen. Perilaku pelayanan yang dipengaruhi oleh kejujuran, emosi baik, kepercayaan diri, tanggung jawab, kepatuhan pada kode etik pelayanan, dan integritas diri untuk pelayanan berkualitas, akan menghasilkan kualitas etika pelayanan yang sempurna.
Pelayanan pelanggan yang etis mencerminkan bagaimana perusahaan berurusan dengan pelanggan melalui tata kelola bisnis yang sehat dan berbudaya. Hal ini akan tercermin dari ketersediaan standar pelayanan, budaya pelayanan, nilai-nilai kerja, kebijakan, dan etos kerja yang diharapkan untuk menjadi perilaku pelayanan yang etis. Mengembangkan lingkungan kerja yang berorientasi kepada pelayanan yang etis, untuk pelanggan eksternal dan internal, merupakan keunggulan yang akan membuat perusahaan selalu sukses di front line.
Prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menggambarkan standar perilaku pelayanan yang etis; akan menghasilkan perilaku pelayanan customer service yang fokus pada kebutuhan pelanggan melalui perilaku yang profesional, sabar, tenang, jujur, hormat, berintegritas, terpercaya, dan patuh pada panduan kode etik pelayanan perusahaan.
Service Excellent senantiasa memenuhi kebutuhan customer, menghadirkan pelayanan yang berkualitas dengan kenyamanan yang optimal, mengutamakan keramahan, sopan santun, selalu menerapkan 3 S (senyum, sapa, salam), helpful, dan memiliki product knowledge, pengerjaan tepat waktu, tingkat kesalahan yang hampir tiada, kecepatan pelayanan, tenaga yang terampil, pengiriman yang rapi dan terjaga, penanganan complain yang baik, perhatian yang serius terhadap customer, serta mempunyai kecakapan dalam berkomunikasi yang baik.
Kenapa Setiap Perusahaan Butuh Training Service Excellence?
Dunia bisnis saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang tinggi. Cepat atau lambat, disadari atau tidak, ternyata penggerak sebuah perusahaan adalah sumber daya manusianya. Dan indikator keberhasilan pegawai adalah kualitas pelayanan. Layanan untuk pelanggan (pelanggan eksternal) dan tentu saja layanan untuk rekan kerja, manajer atau bawahan (pelanggan internal).
Tantangan dalam melaksanakan Service Excellence saat ini adalah:
- Mood yang naik turun
- Emosi yang tidak terkendali
- Motivasi yang tulus dalam melayani
- Tingkat stress yang tinggi
SASARAN TRAINING SERVICES EXCELLENT SKILL
- Membangun mentalitas dasar dan motivasi untuk lebih bersedia melayani Customer, baik internal maupun eksternal.
- Meningkatkan karakter Customer Service yang membuat pelanggan merasa terlayani dengan baik.
- Memperbaiki penampilan yang seadanya agar tampil menarik
- Mengetahui teknik-teknik melayani pelanggan serta level service
- Memahami 4 siklus utama dalam pelayanan Customer
- “Moment of Truth” dalam service serta bagaimana memberikan dampak pelayanan yang ‘unbelievable’
- Mampu melakukan implementasi service excellent
- Memahami tipologi dan karakteristik berbagai tipe Customer
- Mengetahui langkah-langkah dasar dalam melayani Customer
- Memahami teknik menghadapi Customer yang sulit
TOPIK TRAINING SERVICES EXCELLENT SKILL
THE BASICS ARE THE BASIS OF CUSTOMER SERVICE
- Mengubah paradigma dalam melayani
- Motivasi melayani, menanamkan motivasi dalam melayani
- Arti konsumen & Pelayanan
- Melayani dengan tulus
- Basic mentality for service excellence
- Siapakah kita?
- Pentingnya sopan santun dalam pelayanan Customer. Peserta akan memahami teknik-teknik penting untuk meningkatkan kadar sopan santun
- Sikap adalah segalanya. Bagaimana anda bisa yakin pada diri sendiri, terbuka pada orang lain dan tidak stereotype.
- Melakukan hal-hal yang benar, termasuk etika. Anda harus bisa jujur, do the right thing, dan be accountable for your actions
EFFECTIVE COMMUNICATION WITH YOUR CUSTOMER
- Siapakah Customer kita? Customer Internal dan Customer External
- Bagaimana memilih kata-kata yang tepat, nada yang pas dan menjaga percakapan anda tetap professional.
- Action speak louder than words. Lakukan eye contact dan maintain good posture dan bagaimana menjaga agar energi anda tetap prima
- Bagaimana memanfaatkan bahasa lisan secara efektif, termasuk bicara secara jelas, dan menghindarkan jargon yang membingungkan
- Teknik mengajukan pertanyaan yang tepat dan juga menjawab pertanyaan dengan jitu..
- Apa yang anda lakukan ketika pelanggan berkata tidak…?
- Bagaimana mendengarkan dengan penuh perhatian dan empatik…
- Greeting – Penerapan 3 S (senyum, sapa, salam), Sikap sopan.
RELATIONSHIP BUILDING
- Bagaimana menciptakan rapport dengan cepat begitu anda mulai bicara dengan customer
- Bagaimana bisa berinteraksi secara positif dengan customer
- Teknik mengidentifikasi kebutuhan customer
- Bagaimana membuat customer anda merasa begitu dihargai…
- Bagaimana menjaga hubungan harmonis yang berkelanjutan (teknik mengingat nama, ingat selera pelanggan dsb)
- Tips menangani customer yang berbeda-beda
- Disiplin, Bekerja sama, Komunikasi, Pelayanan sepenuh hati, Berpikir positif.
FACE TO FACE CONTACTS
- Bagaimana memberi salam yang hangat kepada customer
- Teknik-teknik efektif membantu customer
- Bagaimana mengakhiri kontak customer sehingga mereka memperoleh kesan yang menyenangkan
ETIKA BEKERJA
- Fungsi dan tugas receptionist, office boy, driver, messenger.
- Etika pada atasan/pimpinan dan juga rekan kerja
- Sikap positif terhadap tamu dan karyawan lain.
- Teknik melayani pelanggan
TELEPHONE CONTACTS
- Telephone Courtessy, etika dalam menelepon, menjawab telepon, dll.
- Bagaimana ‘mempersiapkan’ telinga agar lebih mau mendengar
- Memilih ungkapan pembuka di telpon
- Bagaimana membantu pelanggan melalui telpon
- Bagaimana mengakhiri kontak telpon dengan anggun, menyentuh hati dan menentramkan customer
GROOMING & WARDROBE
- Penampilan yang prima melalui tatanan busana yang baik.
- Kebersihan tubuh, aroma, makeup, dandanan
- Meningkatkan percaya diri melalui penampilan yang prima
- Image yang ditimbullkan melalaui penampilan
HANDLING COMPLAINT MANAGEMENT
- Menemukan alasan tepat mengapa customer marah
- Bagaimana mengidentifikasi akar masalah yang sesungguhnya
- Memahami keluhan customer sebagai kesempatan untuk meningkatkan kualitas layanan p customer
- Teknik menawarkan solusi yang membantu customer
- Tips mengakui adanya kesalahan
- Apa saja yang perlu diperbaiki
No comments:
Post a Comment